>>>

Senin, 03 Oktober 2011

Model Sistem Komunikasi

Komunikasi dibagi menjadi 3 jenis,yaitu :

- Komunikasi suara, contoh : radio
- Komunikasi pesan dan gambar, contoh : SMS, MMS, FAX
- Komunikasi data, contoh : file komputer

Gambar 01: Diagram Model Komunikasi Sederhana
Komponen sistem komunikasi itu adalah :
- Sumber (Source)
Pemancar yang berfungsi membangkitkan sinyal data yang harus ditransmisikan dan mengubah sinyal data ke dalam sinyal yang dapat ditransmisikan
- Transmisi (Transmission)
Penghubung fisik antar terminal-terminal ke sebuah unit pengendali komunikasi dan menghubungkan satu unit pengendali komunikasi dengan yang lainnya. Berfungsi sebagai pengubah data menjadi sinyal yang bisa dikirim.
Biasanya, data dibangkitkan oleh sistem source dan tidak langsung ditransmisikan secara langsung dalam bentuk sebagaimana data itu dibuat. Sebuah transmitter akan mentransformasikan dan mengkodekan informasi tersebut dalam bentuk sinyal elektormagnetik yang dapat dirambatkan pada sistem transmisi. Misalnya, sebuah modem mengambil bit stream dari sebuah komputer dan mentrasformasikannya dalam bentuk sinyal analog yang dapat dirambatkan pada jaringan telepon.
- Sistem Transmisi (Transmission System)
Bertujuan sebagai peyalur Data (yang menyalurkan data)
dapat berupa media transmisi atau jalur komunikasi atau sebuah jaringan kompleks yang menghubungkan source dan destination.
- Penerima (Receiver)
Perangkat penerima informasi atau sinyal, dengan cara mengubah sinyal yang diterima menjadi data.
Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan mengkonversinya ke dalam bentuk yang dikenali oleh perangkat destination. Misalnya, sebuah modem akan menerima sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengkonversinya ke dalam bentuk digital stream. 
- Tujuan (Destination)
Menerima data yang masuk atau Merupakan tujuan akhir dari pengiriman data yang menerima data dari receiver.

image
Gambar 02: Model Komunikasi Data

Keterangan gambar :
Misalkan perangkat input dan transmitter merupakan komponen sebuah personal computer (PC). Seorang user pada sebuah PC akan mengirim pesan m ke user lain. User ini akan mengaktifkan paket electronic mail pada PC dan mengetik pesan melalui keyboard (perangkat input). Karakter string yang dibuat akan disimpan di buffer pada memori utama. PC ini dihubungkan pada sebuah media transmisi, seperti kabel atau telepon melalui perangkat I/O (transmitter), misalnya transceiver atau modem. Pesan tadi akan ditransfer ke transmitter sebagai sebuah barisan voltase [g(t)] yang merepresentasikan bit-bit pada kabel atau bus komunikasi. Transmitter dihubungkan langsung ke medium dan mengkonversi aliran yang datang [g(t)] menjadi sinyal [s(t)] yang memungkinkan untuk ditransmisikan/dirambatkan.

Sinyal yang ditransmisikan s(t) merambat melalui media komunikasi/sistem transmisi – menjadi objek gangguan dalam transmisi sehingga r(t) bisa saja berbeda dengan s(t) – dan diterima oleh receiver sebagai r(t). Receiver berusaha menganalisis keaslian s(t), di dasarkan pada r(t) dan pengetahuannya atas media, yang menghasilkan rangkaian bit g’(t). Bit-bit ini di kirim ke komputer output, dimana bit-bit tersebut di tahan dalam memori sebagai (g’). dalam beberapa kasus, sistem tujuan (destination) akan berusaha memperingatkan jika terjadi error, dan untuk selajutnya bekerja sama dengan sistem sumber sampai akhirnya mendapatkan data yang bebas dari error (error-free data). Data ini kemudian diberikan kepada user melalui suatu perangkat output, seperti printer atau layar. Pesan (m’) sebagaimana dilihat oleh user biasanya merupakan salinan dari pesan aslinya (m).

Jaringan (Networking) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung dengan menggunakan media tertentu dengan aturan yang sudah ditetapkan.
Jadi Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan.
Untuk menyusun jaringan komputer ini diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut Topologi. Scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi 3, yaitu :

LAN ( Local Area Network )
WAN ( Wide Area Network)
MAN (Metropolitant Area Network)



Beberapa istilah komunikasi adalah :
  • Informasi adalah entitas yang disampaikan dan memiliki makna/arti.
  • Pesan (Message) adalah bentuk fisik dari informasi.
  • Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima.
  • Telekomunikasi adalah komunikasi jarak jauh dimana harus dipergunakan alat-alat bantu.
  • Sistem Komunikasi adalah perpaduan prosedur dan peralatan dalam proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima.

0 komentar:

Posting Komentar